Jalan-Jalan ke Jepang,11-16 Januari 2014 - Aria Pranata Blog

Sabtu, 01 Februari 2014

Jalan-Jalan ke Jepang,11-16 Januari 2014

Liburan tahun 2014 mencoba jalan-jalan bersama keluarga ke Jepang,yang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya.Butuh pertimbangan dalam memutuskan pesawat apa yang akan digunakan pilihannya ada 3 airlines Korean Airlines biar pulangnya bisa mampir ke Seoul,Garuda biar nyaman karena direct flight atau Singapore Airlines biar pulangnya bisa mampir di Singapore.Awalnya sih ingin menggunakan Korean Airlines dengan ID Ticket seperti tahun 2013 waktu ke Korea tapi setelah Singapore Airlines mengeluarkan harga promo yang lumayan cukup murah dibandingkan dengan harga ID Ticket menggunakan Korean Airlines maupun Garuda Indonesia.
Jadilah memutuskan menggunakan Singapore Airlines berangkat masuk dari Osaka pulangnya dari Tokyo dan stop seharian di Singapore untuk pulangnya.

Hari Pertama : 11 Januari 2014 (SQ 963V 11JAN CGKSIN 1905 2140)
Biar gak terlalu buru-buru kita memutuskan berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta lebih awal untuk menghindari kemacetan sekaligus biar lebih santai di lounge.
Dikarenakan sudah online check in sehari sebelumnya nomor kursi kita sudah punya jadi pas dicheck-in counter tinggal timbang bagasi dan bayar airport tax serta print boarding pass.

Untuk Singapore Airlines dari Jakarta ke Singapore tiba diterminal 2 Bandara Changi sedangkan tujuan Singapore ke Osaka berangkat dari terminal 3,tapi tidak perlu khawatir ada kereta yang wara-wiri antar terminal.Kita memang sengaja mengambil connecting time yang agak jauh agar lebih santai dan masih bisa menikmati dan jalan-jalan di Terminal 3 Bandara Changi.
Gak banyak yang dilakukan paling cuma makan sama cuci mata doang sambil nunggu waktu boarding.
Sama halnya dengan Bandara Soekarno-Hatta,Jakarta di Bandara Changi,Singapore sebelum menuju Boarding Gate melewati X-Ray...he..he..he..ribet ya..
Hari ke 2 : 12 Januari 2014 (SQ 618V 12JAN SINKIX 0130 0845)
Setelah menempuh penerbangan kurang lebih sekitar 6 Jam 15 menit dari Singapore menuju Osaka,akhirnya kita mendarat di Bandara Kansai,Osaka turun di Terminal 2 dari sini kita harus menggunakan kereta untuk menuju imigrasi,jangan lupa disiapkan kartu kedatangan yang sudah diisi sebelumnya didalam pesawat dan sedikit catatan untuk pengisian kartu kedatangan harus diisi jelas dan lengkap khususnya pekerjaan dan jumlah uang yang dibawa harus diisi jangan sampai kosong pasti disuruh tulis sama petugasnya dan tanda tangan juga harus ya...he..he...he..
Setelah keluar dari imigrasi langsung menuju pengambilan bagasi sebelum keluar bagasi juga harus melewati pemeriksaan petugas jangan lupa disiapkan juga passportnya dan sedikit ditanya-tanya sama petugasnya..
Karena Kayla lapar akhirnya kita ke lantai atas tempat keberangkatan untuk cari sushi makanan kesukaan Kayla.Setelah makan kita menuju stasiun kereta api menuju hotel.

Dari stasiun kereta Kansai Airport kita mengambil jalur Nankai Line yang turun di Namba Station.Naik kereta jangan sampai salah jalur ya..karena ada juga JR Line jadi sebelum naik kudu tanya dulu sama petugas yang ada disitu biar gak salah naik kereta.Keretanya yah gak jauh bedalah sama commuter line yang ada di Jakarta..he..he..he..kan limbahnya ditampung sama PJKA...he..he..he..

Dari Osaka Station menuju Namba Station lumayan lama kurang lebih sekitar 40menit karena keretanya berhenti hampir disetiap stasiun yang dilewati setelah tujun di Namba Station kita mampir ke kantor JTB yang kebetulan ada di Namba Station untuk beli tiket Shinkansen dari Osaka ke Tokyo esok harinya sekalian beli tiket untuk Disneyland dan Disneysea Tokyo.
Harga tiket untuk Shinkansen menggunakan kereta Nozomi dari Shin-Osaka Station ke Shinagawa Station,Tokyo harganya 14.050 Yen untuk dewasa dan 7.020 Yen untuk anak-anak sedangkan tiket masuk Disneyland & Disneysea 10.700 Yen untuk dewasa dan 7.400 Yen untuk anak-anak.
Dari Namba station menuju hotel kami menginap di Osaka Dai-Ichi turun di Umeda Station dari situ tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Dai-Ichi Hotel.
Sampai di hotel kami istirahat sebentar lalu bergegas menuju Osaka Station menggunakan JR Line ke Universal Studio yang tiketnya sudah kita beli dari Jakarta jadi tinggal masuk saja dan dikarenakan kita sudah mempunyai Universal Express Pass jadi tiap permainan kita tidak perlu ngantri terlalu lama lumayan mempersingkat waktu.

Dan malam hari kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ke tiga : 13 Januari 2014
Setelah makan pagi dihotel kita istirahat sebentar dikamar sebelum check out karena hari ini kami harus menuju Tokyo menggunakan Shinkansen.

harus diperhatikan jika ingin naik shinkansen,harus mengetahui kereta yang akan kita naiki ada dijalur nomor berapa jika kita sudah mengetahuinya lihat lagi ditiketnya jam keberangkatannya dan lihat lagi ditiketnya gerbong kita nomor berapa pastikan 5 menit sebelum keberangkatan kita sudah berada diline gerbong yang akan kita naiki jika sudah benar tinggal kita cari nomor kursi kita.
Dari hotel kami menuju Osaka station menuju Shin-Osaka Station karena dari sanalah kereta Shinkansen berangkat menuju Tokyo. Berangkat dari stasiun Shin-Osaka jam 11.00 dan tiba di stasiun Shinagawa jam 13.26 dan bagi yang ingin melihat keindahan gunung Fuji jangan lupa pada saat memesan tempat duduk pastikan kursi kita ada disebelah kiri,cuma saya kali ini cuacanya tidak mendukung gunung Fuji tengah bersembunyi ditutup kabut.
Tiba di stasiun Shinagawa mampir dulu ke loket tiket untuk membeli kartu Suica kayak kartu Flazz lah fungsinya dengan bayar 2000 Yen lumayan buat jalan-jalan keliling Tokyo tinggal tempel saja beres...dan kalo habis tinggal diisi ulang dimesin-mesin yang banyak tersedia distasiun.

Dari sini kami mengambil jalur Yamanote Line menuju stasiun Ikebukoro karena hotel kami ada diarea Sunshine City yaitu Prince Hotel Sunshine City. ternyata turun disitu kita harus jalan kaki lumayan jauh keluar dari subway harus jalan lurus menyebrang jalan setelah ketemu Tokyu Hand disebelahnya ada jalan subway menuju Sunshine City.

Setelah check in kami langsung bergegas menuju Disneyland kali ini kami mengambil jalur kereta Yurakucho Line dari stasiun Higashi-Ikebukuro kemudian turun di tujuan paling akhir yaitu Shin-Kiba dan dari situ pindah jalur lagi ke stasiun Maihama.

Jika ingin ke Disneyland Tokyo keluar dari stasiun Maihama bisa juga jalan kaki atau jika malas bisa menggunakan kereta Disneyland dari Ikspiari Mall yang ada diseberang pintu keluar stasiun Maihama.

Hari ke 4 : 14 Januari 2014

Hari ini giliran ke Tokyo Disneysea rutenya masih sama seperti kemarin cuma kalo mau ke Disneysea kudu naik keretanya Disneyland soalnya jauh banget kalo jalan kaki jadi setelah keluar dari stasiun Maihama langsung menuju Ikspiari Mall dari sana kereta berhenti di dua stasiun sebelum turun di Disneysea yang pertama Tokyo Disneyland dan yang kedua di kawasan hotel-hotel Disneyland.

Hari ke 5 : 15 Januari 2014
Hari ini hari terakhir di Tokyo sebelum malamnya kami harus terbang ke Singapore sebelum kembali ke Jakarta.

Mumpung masih ada waktu setelah makan pagi kami menyempatkan diri jalan-jalan ke Shibuya yang terkenal dengan dongeng anjing Hachiko yang kebetulan disalah satu sudut jalan terdapat patung anjing Hachiko.
Dari hotel kami menuju  stasiun Higashi-Ikebukuro untuk naik kereta menuju stasiun Ikebukuro sebelum keluar kami membeli tiket Narita Express di kantor penjualan tiket  JR Lines dan kebetulan Ikebukuro menjadi salah satu stasiun yang dilewati oleh Narita Express menuju bandara Narita

Harga tiketnya 3.110 Yen untuk dewasa dan 1.550 Yen untuk anak-anak. kami memilih keberangkatan jam 15.03 dan akan tiba di Terminal 1 Bandara Haneda jam 16.30.
Setelah membeli tiket kami menuju jalur kereta Yamanote line naik kereta dan akan turun di stasiun Shibuya.
Untuk menuju patung tersebut setelah turun dari kereta distasiun Shibuya tinggal cari arah yang bertuliskan Hachiko Exit.
Setelah dari patung Hachiko kami bergegas ke Ginza yang katanya merupakan kawasan paling mahal di Tokyo.

Dari stasiun Shibuya kita tinggal naik ke atas untuk naik kereta Ginza Line dan turun distasiun Ginza untuk keluar tinggal cari exit no.3 .Rencananya di Ginza kita pengen makan siang di Carne Station salah satu restoran Yakiniku di Ginza dan  sekaligus cari Kit-Kat Green Tea ...ha..ha..ha..tapi sayang Kit-Kat Green Tea lagi kosong...terpaksa beli yang strawberry.
Sebelum balik ke hotel mampir dulu ke Uniqlo yang berada di Ginza tapi sayang gak ada yang bisa dibeli semuanya baju-baju musim dingin.
Setelah itu kita kembali lagi ke hotel jalan kaki menuju stasiun Ginza Itchome yang kebetulan ada di Yurakucho Line tinggal turun di  stasiun Higashi-Ikebukuro.
Tiba dihotel langsung bongkar koper lagi memilah-milah mana yang harus dimasukan kedalam bagasi dan mana yang harus dicabin.
Setelah itu kami kembali lagi ke  stasiun Higashi-Ikebukuro untuk naik kereta menuju stasiun Ikebukuro dan pindah jalur ke JR Line untuk naik Narita Express ke Terminal 1 Haneda Airport.
Cara naiknya hampir sama seperti naik Shinkansen,harus mengetahui kereta yang akan kita naiki ada dijalur nomor berapa jika kita sudah mengetahuinya lihat lagi ditiketnya jam keberangkatannya dan lihat lagi ditiketnya gerbong kita nomor berapa pastikan 5 menit sebelum keberangkatan kita sudah berada diline gerbong yang akan kita naiki jika sudah benar tinggal kita cari nomor kursi kita.

Narita Express keretanya lumayan baguslah ada tempat menyimpan bagasi didepan dan ada juga asongan...ha...ha..ha...tapi disini cakep pedagang asongannya...ha..ha..ha....
Dan yang saya salut sama nih kereta tiba distasiunnya benar-benar ontime hanya meleset 2-5 menit saja.
Tiba di bandara Narita setelah keluar langsung menuju kantor penjualan JR Line untuk refund kartu Suica yang telah kita beli pada saat ditiba di Tokyo setelah itu kita ke atas menggunakan lift menuju terminal keberangkatan untuk check in.
Setelah melewati imigrasi tujuan pertama adalah Duty Free buat cari oleh-oleh yaitu Tokyo Banana sambil menunggu waktu boarding.

Hari ke 6 : 16 Januari 2014
Setelah menempuh penerbangan kurang lebih 7 jam dari Narita,Tokyo sampailah di bandara Changi,Singapore karena anak saya Kayla dalam keadaan kurang enak badan mungkin karena terlalu lelah akhirnya kami istiraha di Coffe Bean yang ada diterminal 3 sambil tidur sebentar maklum pesawat kita tibanya jam 4.30 waktu Singapore.
Sambil menunggu pagi yang rencananya pagi itu kami akan mengikuti Singapore City Tour gratis yang disiapkan oleh bandara Changi bagi para penumpang yang transit dan kebetulan penerbangan kami dari Singapore ke Jakarta malam harinya jadi masih punya waktu seharian di Singapore.
Sebelum counter pendaftaran tournya buka saya pergi ke counter taxs refund yang ada persis dibelakang Coffe Bean untuk claim voucher belanja dari Singapore Airlines sebesar SGD.20 per boarding pass lumayan buat jajan di dalam bandara Changi.

Namun apa mau dikata kita harus membatalkan acara tour dan jalan-jalan keluar bandara Changi karena anak saya Kayla tampaknya terserang demam jadi kami menghabiskan waktu seharian di Terminal 3 saja...he..he..he...
Yah singkat kata itulah liburan keluarga kami melelahkan namun sekaligus menyenangkan......